Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya
Selasa, 02 April 2013

Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya

 Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya


Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya
Es krim adalah sebuah makanan beku yang cara membuatnya dari produk dairy seperti krim, digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.

Es Krim dapat dibuat dengan menggunakan alat khusus untuk membuat es krim. Bila menggunakan alat pembuat es krim, setelah diproses es krim dapat langsung disajikan. Akan tetapi jika cara membuatnya secara manual atau tradisional, dengan memanfaatkan mixer atau blender dan kotak pembeku dalam lemari es (freezer). Bila menggunakan cara manual, ulangi proses mixer dan pembekuan hingga 2-3 kali hingga es krim benar-benar lembut. Selama proses pengocokan, lakukanlah di dalam wadah berisi potongan-potongan es batu, untuk menjaga agar adonan tetap dingin. Pada waktu adonan es krim dibekukan, gunakanlah wadah tertutup dari plastik.

Jika es krim ingin ditambah buah potong, jeli, kacang dan lainya, campur pada saat proses mixer terakhir, lalu dibekukan. Agar buah dan kacang tetap utuh, tidak ikut hancur pada saat proses mixer. Jika akan membuat es krim lapis, gunakan cetakan atau loyang bolu segi empat yang telah dilapisi kertas roti terlebih dahulu.

Untuk memperkaya cita rasa, sajikan es krim bersama potongan buah, cake, biskuit, sirup, permen, atau perbagai jenis makanan pelengkap lainnya. Jika es krim tidak habis untuk sekali makan, simpan kembali di freezer, dalam wadah tertutup. Es krim dapat bertahan selama 1 bulan.
Judul: Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/04/es-krim-lezat-begini-cara-membuatnya.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Es Krim Lezat, Begini Cara Membuatnya; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar