Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w CARA MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL
Jumat, 28 Desember 2012

CARA MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL

Cara Menentukan Ketuntasan Belajar Siswa Menggunakan Microsoft Exel

Ujian semester telah selesai, maka sekarang para siswa bisa bernafas lega. Namun tidak dengan para guru. Selain harus mengoreksi lembar jawaban, guru mata pelajaran juga harus menghitung nilai rapor. Setelah rapor semua telah selesai di tulis, para guru mata pelajaran ini kemudian juga harus menentukan ketuntasan belajar.

Sebenarnya kegiatan para guru mata pelajaran dalam menentukan ketuntasan bisa diatasi dengan program Microsoft Exel. Microsoft Exel juga dapat digunakan untuk menemukan peringkat kelas atau ranking kelas. Berikut ini kita akan mempelajari cara sederhana bagaimana cara menentukan ketuntasan belajar menggunakan Microsoft Exel.
Microsoft Exel

Microsoft Exel


Tabel Daftar Nilai

 Bukalah program aplikasi Microsoft Exel Anda. Buatlah tabel nilai seperti gambar berikut kemudian isilah nilai siswa.
Tabel Daftar Nilai Rapor 

Tabel Daftar Nilai Rapor

Keterangan gambar:
3UH = Ulangan Harian dikali tiga
UTS = Ujian Tengah Semester
2US = Ujian Semester dikali dua
NR = Nilai Rapor
NP = Nilai Psikomotorik
NA = Nilai Afektif

Untuk NP dan NA tidak akan kita isi karena kita akan menentukan ketuntasan hanya dari NR (Nilai Rapor). Selanjutnya kita akan mencari Nilai Rapor.

Mencari Nilai Rapor

Setelah nilai-nilai siswa sudah di isi kita harus mencari Nilai Rapor. Pada kolom NR pertama (Abdullakomaini) ketiklah rumus berikut =(C12+D12+E12)/6
Memasukan Rumus Nilai Rapor

Memasukan Rumus Nilai Rapor

Lalu tekan enter maka akan kita dapatkan hasil dari nilai rapor Abdullakomaini. Copykan hasil nilai rapor Abdullakomaini sampai kotak F21, maka seluruh nilai rapor siswa akan didapatkan.
Hasil Copy Nilai Rapor

Hasil Copy Nilai Rapor

Setelah Nilai Rapor didapatkan maka langkah terakhir adalah menentukan ketuntasan masing-masing siswa. Jika kita lihat secara langsung, dari nilai KKM = 70, maka mudah menentukan siswa mana yang tuntas dan yang tidak tuntas. Akan tetapi jika siswa di kelas Anda berjumlah 30-40 dan Anda mengajar di sepuluh kelas, saya sarankan untuk mencari ketuntasan belajar dengan menggunakan Microsoft Exel.

Mencari Ketuntasan Belajar

Pada kolom Ketuntasan Abdullakomaini ketik rumus berikut =IF(F12<70,"TIDAK TUNTAS","TUNTAS")
Memasukan Rumus Ketuntasan Belajar

Memasukan Rumus Ketuntasan Belajar

Lalu tekan enter maka akan kita dapatkan hasil dari Keterangan Ketuntasan Abdullakomaini. Copykan hasil Keterangan Ketuntasan Abdullakomaini sampai kotak I21, maka seluruh Keterangan Ketuntasan Belajar seluruh siswa akan didapatkan.
Hasil Copy Keterangan Ketuntasan Belajar

Hasil Copy Keterangan Ketuntasan Belajar

 Aduh...! Sayang sekali, Abdullakomaini ternyata nilai pelajaran Bahasa Indonesia nya tidak tuntas.


Judul: CARA MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel CARA MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2012/12/cara-menentukan-ketuntasan-belajar.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: CARA MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar