Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w CARA MENGURUTKAN RANKING KELAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL
Jumat, 21 Desember 2012

CARA MENGURUTKAN RANKING KELAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL

Cara Mengurutkan Ranking Kelas Menggunakan Microsoft Exel

Microsoft Exel

Microsoft Exel


Ujian semester telah selesai, maka sekarang para siswa bisa bernafas lega. Namun tidak dengan para guru terutama wali kelas. Selain harus mengoreksi lembar jawaban, wali kelas juga harus menulis rapor. Setelah rapor semua telah selesai di tulis, para wali kelas ini kemudian juga harus menentukan peringkat kelas. Bukan hal yang mudah untuk mengurutkan peringkat kelas. Wali kelas harus membandingkan satu per satu rata-rata nilai semua siswa, tentu sangat merepotkan.
Sebenarnya beban para wali kelas dalam mengurutkan ranking kelas bisa diatasi dengan program Microsoft Exel. Berikut ini kita akan mempelajari cara sederhana bagaimana cara mengurutkan ranking kelas menggunakan Microsoft Exel.

1.    Tabel Nilai

Buatlah table nilai seperti pada gambar. Pada contoh gambar saya mata pelajaran hanya ada tiga. Tentu saja Anda dapat menambahkan mata pelajaran sebanyak yang anda inginkan. Bila sudah membuat tabel, silahkan Anda isi nilai-nilai siswa Anda.
Tabel Nilai

2.    Menghitung Nilai Rata-Rata Siswa

Setelah semua data nilai siswa sudah dimasukan maka Anda terlebih dahulu harus menghitung nilai rata-rata tiap siswa. Anda tidak perlu menggunakan kalkulator. Jauhkan kalkulator Anda, karena Microsoft Exel sudah lengkap dalam semua pengoperasian bilangan. Tidak sampai 30 detik anda pasti sudah dapat menemukan semua nilai rata-ratanya. Cara untuk menemukan nilai rata-rata setiap siswa yaitu:
a.    Pada kolom RATA-RATA nomor 1 (Abdullakhomaini) ketik rumus =AVERAGE(C3:E3) lalu tekan enter.
Setiap rumus dimulai dengan lambang sama dengan (=). AVERAGE berarti rata-rata. (C3:E3) berarti dari kotak C3 sampai dengan kotak E3. Jadi berarti mencari rata-rata dari kotak C3 sampai dengan kotak E3. Lihat gambar di bawah.
Menghitung Nilai Rata-Rata Siswa

Setelah anda menekan enter maka nilai rata-rata dari Abdullakomaini sudah ditemukan seperti gambar berikut.
Menghitung Nilai Rata-Rata Siswa

Jika Anda perhatikan kedua gambar di atas, terdapat lingkaran merah. Gambar yang diatas ketika kita memasukan rumus sedangkan gambar yang di bawah ketika nilai rata-rata sudah ditemukan. Baik, langkah selanjutnya.
b.    Untuk mencari rata-rata siswa berikutnya tidak perlu mengulangi proses yang sama anda tinggal melakukan sedikit usaha saja.
Ketika kotak nilai rata-rata Abdullakomaini aktif (F3), Anda bisa melihat di sudut kanan bawah kotak tersebut. Lihat gambar.
Menghitung Nilai Rata-Rata Siswa

Posisikan pointer mouse anda pada sudut tersebut lalu lakukan tarikan (klik kiri tahan geser = drag) sampai pada kotak F12. Maka hasinya semua nilai rata-rata siswa sudah dapat ditemukan.
Menghitung Nilai Rata-Rata Siswa

Benar sekali, sangat mudah. Lanjut.

3.    Menentukan Ranking.

Ranking siswa ditentukan dari nilai rata-rata terbesar sampai nilai rata-rata terkecil. Mungkin jika siswanya hanya sepuluh orang seperti contoh tabel saya, dengan satu kedipan mata saja Anda mampu mencari urutan peringkatnya. Tapi realita setiap wali kelas berbeda-beda. Bayangkan jika kelas anda adalah kelas gemuk dan kelebihan kapasitas, akan sangat membantu sekali langkah kita berikutnya yaitu menentukan ranking kelas dengan Microsoft Exel.
Seleksi/blok kolom-kolom berikut NAMA SISWA, MATA PELAJARAN, dan RATA-RATA kemudian masuk ke tab Data dan klik icon Sort. Lihat gambar di bawah.
Menentukan Ranking

Maka akan muncul kotak dialog Sort seperti gambar berikut berikut.
Menentukan Ranking

Beri centang kotak “My data has headers”
Pada pilihan “Column  Sort by” ubah menjadi RATA-RATA
Pada pilihan “Order” ubah menjadi Largest to Smallest
Klik OK
Maka data pada tabel akan mengalami perubahan, rata-rata terbesar akan berada di atas sedangkan rata-rata terkecil akan bergeser ke bawah.
Kemudian isikan kolom RANKING dengan nilai satu, dua, tiga dan seterusnya.
Menentukan Ranking

Setelah selesai mengisi kolom ranking, kita harus mengembalikan data tabel Anda sesuai dengan absen yang alfabetis. Caranya adalah seleksi/blok kolom NAMA SISWA, MATA PELAJARAN, RATA-RATA dan RANKING.
Kemudian pilih Tab Data dan klik icon Sort, akan muncul kotak dialog Sort.
Lalu Anda centang kotak “My data has header”
Pada pilihan “Column  Sort by” ubah menjadi NAMA SISWA
Pada pilihan “Order” ubah menjadi A to Z
Klik OK
Menentukan Ranking

Maka data nilai Anda sudah kembali ke sedia kala dan ditambah dengan data ranking tiap-tiap siswa.
Menentukan Ranking

Ternyata Abdullahkomaini dapat ranking 3! Selamat ya, tingkatkan lagi prestasi belajarmu.
Semoga bermanfaat, Keep Share…!!
Judul: CARA MENGURUTKAN RANKING KELAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel CARA MENGURUTKAN RANKING KELAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2012/12/cara-mengurutkan-ranking-kelas.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: CARA MENGURUTKAN RANKING KELAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXEL; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Saya sedang menjalankan eksperimen Plus one club. Jika tertarik untuk ikut serta harap kunjungi http://plusoneclub.blogspot.com/2012/12/google-plus-one-experiment-2012.html untuk info selengkapnya.

    BalasHapus