Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS
Selasa, 11 Desember 2012

MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS

Menentukan Arah Tanpa Menggunakan Kompas

Kadangkala, kita dihadapkan pada suatu kondisi yang sangat sulit, berada di alam bebas tanpa peralatan navigasi. Keadaan tersebut akan sangat menyulitkan orientasi dan menentukan arah perjalanan. Hal yang paling penting dilakukan adalah tetap tenang, tidak panik, dan selalu berpikir jernih. Berikut ini diuraikan beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan orientasi untuk menentukan arah perjalanan ketika tidak memiliki kompas dan peta.

MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS

Menunjuk Arah

1.    Menggunakan Bayangan Matahari

Arah mata angin dapat ditentukan selama sinar matahari dapat terlihat dan menghasilkan bayangan. Cara yang paling cepat dilakukan, yaitu dengan mencari batang kayu yang relative lurus dengan panjang sekitar satu meter, tali, dan batu yang agak besar.
Batang kayu ditancapkan pada tanah yang rata dan lapang. Ujung tali diikatkan pada batang dan ujung lainya diikatkan pada batu. Bayangan batang kayu akan terlihat, tandai dengan batu dengan merentangkan tali. Tunggu sekitar 20 menit. Bayangan batang akan berubah, tandai lagi bayangan tersebut degan batu, tentu saja dengan merentangkan tali. Hubungkan titik pertama dan kedua tadi dengan garis lurus sehingga arah barat (titik pertama) dan arah timur (titik kedua) dapat diketahui. Setelah arah barat dan timur diketahui maka arah utara dan selatan dapat ditentukan.
Ada cara lain yang lebih akurat, tetapi memakan waktu yang lebih lama. Prinsipnya sama dengan cara pertama, tetapi penentuan titik pertama dilakukan pada pagi hari. Dati titik pertama tersebut, buat gambar setengah lingkaran dari tali dan batu yang diikat sebelumnya. Tunggu sampai sore hari. Saat bayangan batang kayu menyentuh gambar setengah lingkaran, tandai sebagai titik kedua. Selanjutnya, arah barat (titik pertama) dan arah timur (titik kedua) dapat ditentukan dengan lebih akurat.

Menggunakan Bayangan Matahari

Menggunakan Bayangan Matahari

2.    Membuat Kompas Sendiri

Kompas dapat dibuat sendiri dengan menggunakan jarun jahit atau pisau silet yang bermagnet dan diletakan di atas permukaan air. Sebetulnya, jarum jahit dapat mengambang diatas airjika dilakukan dengan penuh kesabaran.
Jika belum berhasil, letakan serpihan kertas kecil di antara permukaan air dan jarum. Berdasarkan arah yang ditunjukan jarum atau silet tadi maka arah utara dan selatan dapat ditentukan.
Walaupun cukup sulit untuk menentukan mana yang utara mana yang selatan karena memang sulut menentukan ujung mana yang mengandung magnet. Untuk itu, caranya dengan menebak atau menggabungkan dengan cara lain, misalnya dengan melihat bayangan sinar matahari.
Masalah yang sering timbul dalam pembuatan kompas, yaitu tidak semua jarum jahit atau silet bermuatan magnet. Jadi, kedua benda tersebut harus dipastikan bermuatan magnet, dapat juga dengan sengaja membuat jarum dan silet bermagnet. Denga cara menggosokan salah satu ujung logam  dengan kain sutra dengan searah dan terus-menerus.

Membuat Kompas Sendiri

Membuat Kompas Sendiri

3.    Menggunakan Jam Tangan

Jam tangan manual bukan digital, dapat digunakan untuk menentukan arah mata angin dengan bantuan matahari. Caranya, arahkan angka 12 pada jam tangan kea rah matahari. Ambil sudut pertengahan antara jarum pendek jam tangan dengan angka 12, itulah arah utara.
Jika menggunakan jam tangan digital, gambarkan atau bayangkan posisi jarum pendek dan jarum panjang yang ditunjukan oleh jam tangan. Selanjutnya, lakukan proses yang sama seperti langkah-langkah di atas.

Menggunakan Jam Tangan

Menggunakan Jam Tangan

4.    Membaca Tanda-Tanda Alam

Tanda-tanda alam dapat dijadikan panduan untuk menentukan arah mata angin, misalnya dengan melihat tajuk pohon. Kerimbunan tajuk pohon yang yang tidak merata dapat dijadikan acuan, biasanya tajuk pohon yang leebih lebat berada di sebelah barat karena dipengaruhi oleh hormone pertumbuhan dan intensitas cahaya matahari.
Pada bagian tengah dan bawah hutan, lumut parmelia yang yang tumbuh pada batang pohon dapat dijadikan indikator arah mata angin. Jenis lumut ini cenderung hidup lebih baik pada daerah yang intensitas sinar mataharinya rendah. Panduan ini menunjukan arah barat. Selain itu, biasanya pertumbuhan pandan hutan cenderung condong kea rah timur karena kualitas sinar matahari yang lebih baik.

Lumut Parmelia

Lumut Parmelia


Sarang semut dan serangga tanah juga dapat dijadikan panduan arah mata angin. Biasanya, serangga tanah selalu berlindung pada tanah yang lembab. Perhatikan letak pepohonan di sekitarnya, biasanya sarang terletak di sebelah barat dari pepohonan.
Kesalahan interpretasi sangat sering terjadi pada saat membaca tanda-tanda ala mini. Salah satu cara untuk meyakinkan dan mengurangi kesalahan, yaitu dengan memperbanyak sampel yang terdapat dilapangan. Makin banyak sampel maka hampir dapat dipastikan dapat menentukan arah yang tepat.

5.    Malam Hari

Keadaan malam hari berbda dengan siang hari. Sinar matahari sudah tidak terlihat, tanda-tanda alam sulit dibaca. Bahkan, keadaan sekitarnya pun sukar untuk dilihat apalagi jika tidak ada kompas yang menjadi acuan orientasi. Namun, tidak perlu khawatir karena bulan dan bintang dapat dijadikan acuan arah mata angin yang lebih tepat.
Bulan adalah kompas alam yang akurat untuk menunjukan arah mata angin. Jika bulan dapat terlihat maka arah mata angin akan mudah ditemukan. Ada dua cara untuk menentukanya. Cara pertama dilakukan pasa saat bulan purnama. Jika permukaan bulan memperlihatkan bayangan yang tampak kehitaman dan berkumpul pada satu sisi, tempat berkumpulnya bayangan itulah yang merupakan arah utara.

Bulan Purnama

Bulan Purnama


Kedua, jika keadaan bulan tidak utuh maka perhatika bagian bulan yang bersinar. Perhatikan juga ketika bulan pertama kali waktu muncul, kalau muncul pada saat matahari belum tenggelam maka bagian bulan yang terang adalah arah barat. Jika bulan muncul pada saat lewat tengah malam maka bagian bulan yang terang adalah arah timur.
Bintang adalah kompas yang selalu digunakan nelayan pada malam hari. Salah satu rasi bintang yang biasa dijadikan panduan, yaitu rasi bintang salib (crux). Rasi bintang ini terlihat terang dibandingkan bintang lain dan membentuk formasi yang khas. Jika titik satu dan titik lainya dihubungkan, kemudian buat gari diagonal imajiner sepanjang 4 sampai 4,5 kali dan dihubungkan dengan horizon bumi maka dapat ditentukan arah selatan. Selain arah selatan, arah timur dapat ditentukan dengan mengacu pada planet Venus (bintang timur) yang bersinar terang pada waktu fajar.

Rasi Bintang Crux atau Salib

Rasi Bintang Crux atau Salib


Judul: MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2012/12/menentukan-arah-tanpas-menggunakan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar: