Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Senin, 25 Februari 2013

Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas


Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas






Air merupakan kebutuhan dasar dalam bertahan hidup di alam bebas. Air merupakan benda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hampir dua per tiga tubuh kita terdiri dari air dalam beberapa bentuk. jika tubuh kekurangan air, maka organ-organ tubuh tidak akan berfungsi secara normal, tubuh menjadi sangat lemas, bahkan dapat menyebabkan kematian. sedikitnya setiap hati tubuh memerlukan delapan gelas air dalam kondisi normal.

Syarat-syarat fisik air bersih yang layak diminum, yaitu air tidak berwarna, air tidak berbau, dan air tidak berasa. Air yang mengandung cacing pipih, larva capung, atau larva nyamuk aman untuk diminum. Namun air yang mengandung cacing Tubivex, ganggang biru, dan ganggang coklat menandakan bahwa air tersebut tidak baik untuk di minum. Masaklah air terlebih dahulu, biarkan sampai mendidih sekitar sepuluh menit. Setelah itu, air aman untuk diminum.

Tempat-tempat yang dapat dijadikan sunber air berasal dari sungai, tumbuhan, air hujan, embun, hasil kondensasi tumbuhan, dan galian tanah. Air yang tidak baik untuk dikonsumsi di antaranya adalah air dalam genangan, air laut dan air rawa gambut.

Tumbuhan yang dapat mencukupi kebutuhan air minum di antaranya buah kelapa, rotan yang dipotong, tumbuhan liana yang dipotong, lumut yang diperas, air di dalam tumbuhan kantong semar, batang bambu, dan batang pohon pisang. Cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan memperbanyak makan tumbuhan yang kaya kandungan airnya tanpa minum secara langsung.
Biasanya, daerah yang mempunyai sumber air sangat lembab, memiliki beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan indikator adanya sumber air, di antaranya tumbuhan pacar cina dan bunga terompet.
Hewan mamalia yang bersifat herbivora dapat dijadikan panduan menuju sumber air minum. jika tidak ditemukan, jejak-jejak kaki hewan tersebut dapat diikuti. Tidak jarang hewan karivora pun dapat dijadikan panduan menuju sumber air.

Adakalanya sumber air dan tumbuhan yang mengandung banyak air sulit ditemukan. beberapa cara di bawah ini dapat dilakukan untuk mendapatkan air bersih.

  • Mengikat air embun di pagi hari dengan kapas
  • Menggali lubang di tanah, dan menutupnya dengan plastik. Jika dilakukan malam hari, plastik ditimbun tanah, kemudian dibuat perapia di atasnya. Panas yang dhasilkan dari perapian ditujukan untuk merangsang penguapan tanah. Jika dilakukan di siang hari, tidak perlu membuat perapian di sekitarnya.
  • Membungkus daun-daun segar dalam plastik, dijemur dengan sinar matahari, dan menampung air yang keluar dari penguapan daun tersebut.
 Kesabaran yang tinggi sangat diperlukan untuk mendapatkan air pada kondisi ini. Langkah-langkah di atas sebaiknya digunakan untuk dapat bertahan hidup di alam bebas.
Judul: Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/air-kebutuhan-dasar-bertahan-hidup-di.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Air, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar