Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan
Senin, 04 Februari 2013

Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan

Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan

Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan

Tersesat bisa terjadi pada siapa saja, termasuk navigator ulung sekalipun. Kalaupun hal itu terjadi, maka prosedur berikut dapat dilakukan.
  • Lindungi diri dari bahaya atau cuaca buruk yang mungkin terjadi, termasuk anggota kelompok yang lain. Tempa berlindung bisa dibuat sendiri atau memanfaatkan tempat berlindung yang ada di alam, misalnya gua. Tindakan yang cepat dan tepat juga sangat dibutuhkan jika ada anggota kelompok yang cedera.
  • Tetap tenang, tidak panik, berpikir jernih, dan mencoba mengingat jalur perjalanan. Jika berada dalam kelompok, diskusikan, dan jaga anggota kelompok yang lain agar tetap tenang, terutama diri sendiri.
  • Penentuan orientasi dapat dipermudah dengan menuju ke tempat yang lebih tinggi atau memanjat pohon. Biasanya, posisi yang agak tinggi memudahkan melihat jalur perjalanan dan lingkungan sekitarnya.
  • Gunakan kompas dan Peta, jika tidak membawanya gunakan indikator alam. Untuk menentukan arah tanpa menggunakan peta dan kompas silahkan baca artikelnya disini.
  • Buatlah petunjuk untuk mempermudah orang lain mencari keberadaan kita. Petunjuk harus jelas, mudah dibaca, dan mencolok. Membuat tanda panah menuju tempat berlindung, tulisan besar di batu, membuat perapian, berteriak minta tolong, membunyikan peluit, serta cara lain akan sangat membantu pencarian.
  • Tetaplah bersama-sama dengan kelompok dalam kondisi apapun, kecuali pada keadaan yang sangat darurat dan tidak ada seorangpun diluar sana yang mengetahui keberadaan kelompok yang tersesat. Biasanya, memisahkan diri dari kelompok akan menambah masalah dibandingkan keuntungannya. Jika dilakukan, sebaiknya meninggalkan jejak-jejak yang berguna.
  • Jika sudah bersama-sama, apa yang harus dilakukan? Memanfaatkan situasi adalah saat yang tepat. Gunakan waktu untuk menunggu bala bantuan dengan menghindarkan rasa lapar, haus, bosan dan rasa tidak aman. Caranya, dengan membuat pondok sementara yang aman, mencari makanan yang dapat dimakan, dan mencari air minum yang cukup. Jangan biarkan perasaan tadi mengganggu pikiran dan diharapkan selalu berpikir jernih untuk mencari jalan pulang.
Judul: Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/tersesat-ini-yang-harus-dilakukan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Tersesat, Ini Yang Harus Dilakukan; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar