Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Rabu, 20 Februari 2013

Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas

 

Langkah-langkah bertahan hidup di alam bebas

Biasanya bertahan hidup di alam bebas terjadi karena pengembara tidak tahu pasti daerah di sekitarnya, ditambah dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Pada awalnya, sebagian besar terjadi karena disorientasi atau tersesat. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika kita dihadapkan pada situasi yang menuntut untuk bertahan hidup.
  • Jika tersesat maka lakukan prosedur yang telah ditulis pada artikel "Tersesat, ini yang harus dilakukan".
  • Lakukan pembagian tugas jika berada dalam kelompok. Pembagian tugas ini dapat meringankan pekerjaan sekaligus menghemat tenaga. Rasa solidaritas sangat diperlukan dalam bertahan hidup di alam bebas. Dahulukan kepentingan anggota kelompok lain yang lebih memerluka pertolongan demi keselamatan jiwanya.
  • Tetap berusaha mencari pertolongan. Lakukan tindakan-tindakan yang akan memudahkan tim penolong.
  • Bersikap hemat terhadap penggunaan makanan, minuman dan tenaga. Atur dan kurangi aktifitas yang percuma, jaga kondisi tubuh agar tetap sehat tanpa melakukan pemborosan perbekalan.
  • Jauhi masalah. Masalah yang timbul dapat beraal dari diri sendiri, orang lain, alam dan lain-lain. Masalah tersebut dapat berupa kecelakaan yang menimbulkan cidera, munculnya penyakit, dan perbedaan pendapat di antara anggota kelompok yang menyebabkan perselisihan. Timbulnya masalah baru dapat memperburuk keadaan. Lakukan langkah-langkah preventif untuk menghindari masalah.

Judul: Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/langkah-langkah-bertahan-hidup-di-alam.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Langkah-Langkah Bertahan Hidup Di Alam Bebas; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar