Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas
Senin, 25 Februari 2013

Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas

Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas


Terdapat empat macam kebutuhan utama dalam bertahan hidup di alam bebas ditinjau dari segi kebutuhan tubuh. Dua macam kebutuhan dasar tersebut telah saya tulis, anda dapat membacanya yaitu Kebutuhan Dasar Air untuk Minum dan Kebutuhan Dasar Makanan. Dua Kebutuhan lain yaitu Tempat berlindung dan Api akan kita bahas di sini.

Tempat Berlindung

Tempat Berlindung

 

Tempat berlindung adalah tempat bermukin sementara. Sebuah tempat berlindung harus memberikan kenyamanan dan melindungi orang yang berada di dalamnya dari keadaan panas, dingin, hujan, dan embusan angin.
Tempat berlindung dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada atau memanfaatkan tempat perlindungan yang tersedia di alam. Gua, lubang pohon, celah di batu besar merupakan tempat yang dapat dijadikan perlindungan tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.
Tempat berlindung dapat dibuat dari tenda, plastik dan ponco, dapat pula dengan menggunakan bahan-bahan alam, misalnya dari daun pandan, daun yang lebar, dan daun pisang yang disusun atap untuk melindungi dari hujan dan panas.
Pendirian tempat perlindungan perlu diperhatikan agar nyaman. Usahakan letaknya tidak terlalu jauh dari sumber air, jauh dari gangguan hewan liar, tidak bertentangan dengan arah mata angin, serta jauh dari tempat sarang nyamuk.

Api

Api

 

Api mempunyai beberapa kegunaan, di antaranya untuk memasak, menghangatkan tubuh, mengusir hewan buas, dan merokok. Api sangat berguna untuk menghemat kalori dalam tubuh dan memberikan rasa nyaman jika kedinginan. Makanan yang dimasak dengan api dapat menambah selera makan serta menjadikan makanan mudah dicerna tubuh. Api dapat juga digunakan untuk menjerang air minum sehingga tubuh menjadi hangat dan terhindar dari penyakit.
Pastikan korek api dalam keadaan kering. Jika perlu bungkus dalam plastik kedap air. Jika korek api tidak dapat menyala dan menghasilkan api, lakukan beberapa cara berikut.
  • Gunakan lup atau teropong untuk mengumpulkan sinar matahari dan mengarahkannya pada daun-daun kering yang telah dikumpulkan.
  • Buat api dengan menggosok-gosokan kayu dengan kayu dan mengumpulkan daun-daun kering di bawahnya untuk memudahkan api menyala.
  • Benturkan logam dengan logam atau batu, misalnya pisau dibenturkan dengan batu dan percikan bunga api yang dihasilkan diarahkan ke daun, ilalang, atau serasah kering.
Judul: Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/kebutuhan-dasar-bertahan-hidup-di-alam.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Kebutuhan Dasar Bertahan hidup Di alam Bebas; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar