Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Senin, 25 Februari 2013

Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas


Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas





Biasanya, ketika berpetualang sumber makanan yang dibawa akan semakin menipis seiring dengan berjalannya waktu. Saat sumber makanan yang dibawa semakin berkurang, sebenarnya kita dapat memanfaatkan sumber makanan yang disediakan oleh alam. Sumber makanan tersebut dapat berasal dari tumbuhan dan hewan.

Bagian tumbuhan yang dimakan berupa buah, batang, akar atau umbi dan daun, tergantung jenis tumbuhannya. Ada anggapan bahwa semua tumbuhan yang dimakan hewan dapat dimakan manusia. Pernyataan tersebut tidak seluruhnya benar. Contohnya, seekor primata kadang memakan buah rengas yang jelas-jelas dapat berakibat fatal pada manusia.

Sebelum memanfaatkan tumbuhan sebagai makanan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut.

  • Hindari tumbuhan yang berwarna mencolok.
  • Hindari tumbuhan yang bergetah putih, kecuali yang sudah dikenal aman untuk dimakan.
  • Mencoba dahulu ke bagian tubuh yang paling sensitif, contohnya kulit atau cicipi sedkit. Tunggu dan lihat reaksinya. Biasanya, tumbuhan yang berbahaya akan menimbulkan efek yang mencolok pada bagian tubuh tersebut, misalnya getah, merah dan panas.
  • Variasikan makanan yang dimakan, jangan mengkonsumsi satu jenis tumbuhan secara berlebihan untuk menghindari akumulasi zat yang mungkin buruk bagi kesehatan.
  • Jika ada tumbuhan yang meragukan untuk dimakan, jangan dimakan.
Hewan liar adalah sumber protein dan lemak yang dapat dimanfaatkan untuk menambah tenaga dalam keadaan darurat. Hampir semua unggas dan ikan dapat dijadikan sumber makanan, begitu pula dengan beberapa jenis serangga, reptil dan mamalia.

Kendala utama untuk memperoleh hewan-hewan liar tersebut adalah cara menangkapnya. Beberapa perangkap dapat dibuat untuk mempermudah menangkap hewan liar tersebut. Jenis perangkap dapat dibuat sesuai dengan hewan yang akan ditangkap. Fungsi perangkap hanya untuk menjerat kaki agar hewan yang sudah terperangkap tidak lari. Jika kepala hewan yang terjerat, hewan akan cepat mati sebelum dipotong sehingga tidak bisa dimakan. semakin banyak perangkap, semakin besar kemungkinan dapat menangkap hewan tersebut. Peluang menangkap hewan liar juga akan lebih besar jika banyak jejak hewan yang diketahui di daerah tersebut. Sebaiknya, daging hewan yang tertangkap dimasak terlebih dahulu agar terhindar dari penyakit, selain dapat menambah selera makan.
Judul: Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/makanan-kebutuhan-dasar-bertahan-hidup.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Makanan, Kebutuhan Dasar Bertahan Hidup Di Alam Bebas; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar