Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Cara Menghindari Keadaan Tersesat
Senin, 04 Februari 2013

Cara Menghindari Keadaan Tersesat

Cara Menghindari Keadaan Tersesat

Cara Menghindari Keadaan Tersesat

Tersesat adalah hilangnya orientasi, tidak mengetahui posisi yang sebenarnya dan arah yang akan dituju. Kesalahan kecil dalam perjalanan bisa menyebabkan tersesat. Metode-metode yang bisa digunakan utnuk mencegah keadaan tersesat antara lain :
  • Selalu melapor kepada petugas yang terkait jika berada di kawasan lindung atau menginformasikan kepada seseorang yang dipercaya mengenai tujuan perjalanan, lamanya perjalanan, dan dengan siapa perjalanan dilakukan.
  • Selalu mengingat keadaan sekitar perjalanan. Beberapa petunjuk dapat diperoleh berdasarkan penciuman, pendengaran, ataupun rasa lainnya. Kadang-kadang, aroma atau suara dari suatu daerah berbeda dengan daerah lain, petunjuknya dapat berasal dari pepohonan maupun hewan
  • Tetaplah pada jalur yang telah ada dengan memberikan petunjuk pada setiap persimpangan yang telah dilalui. Petunjuk yang dibuat harus jelas, tidak samar,tetapi tidak merusak lingkungan sekitar.
  • Perhatika objek yang mencolok, misalnya bukit ataupun gunung. Perhatikan bentuknya ketika perjalanan pergi dan bayangkan bentuknya ketika dilihat dari arah yang berlawanan, untuk berjaga-jaga jika harus kembali kearah semula.
  • Pada saat berjalan, sekali-kali tengoklah kearah belakang, ingatlah jalur tersebut jika dilihat dari arah berlawanan. Kadang-kadang, bentuk batang pohon yang aneh atau bentuk batu yang unik dapat dijadikan patokan jalur yang dilalui.
  • Pelajari benar alat-alat navigasi yang dibawa.
  • Gunakan kompas sebelum tersesat. Artinya, kemana arah perjalanan harus diketahui, kompas tidak hanya digunakan pada saat tersesat.
  • Belajar membaca tanda-tanda alam yang menentukan arah mata angin. Bagi yang belum mengerti cara membaca tanda-tanda alam silakan baca disini.
  • Jangan pernah percaya secara penuh kepada orang lain. Seorang pemimpin, teman yang mahir navigasi, bahkan seorang guru navigasipun dapat berbuat keliru. Jika dirasa perjalanan yang dilakukan tidak berada pada jalur yang tepat, tanyakan langsung kepada mereka.
Judul: Cara Menghindari Keadaan Tersesat
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Cara Menghindari Keadaan Tersesat. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/cara-menghindari-keadaan-tersesat.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Cara Menghindari Keadaan Tersesat; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar