Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Selasa, 19 Februari 2013

Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas

bertahan hidup di alam bebas

Komponen-komponen pokok bertahan hidup di alam bebas terdiri dari sikap mental, kondisi fisik, tingkat pengetahuan dan keterampilan, pengalaman dan latihan, serta alat-alat yang menunjang. Berikut ini penjelasan komponen penting tersebut.
  • Sikap mental. Hati yang kuat untuk bertahan hidup, selalu mengutamakan akal sehat, selalu berpikir jernih, dan bersikap optimis merupakan sikap yang diperlukan dalam bertahan hidup di alam bebas. Sikap mental merupakan dasar utama yang dapat mendukung upaya bertahan hidup di alam bebas dan membantu mempercepat keluar dari kondisi buruk.
  • Kondisi fisik. Tubuh yang fit dan kuat diperlukan dalam bertahan hidup di alam bebas. Usaha tersebut dapat ditunjang dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi serta bergerak secara efektif dan efisien untuk menghemat energi.
  • Tingkat pengetahuan dan keterampilan. Banyak belajar dengan orang lain, membaca buku, atau belajar dari sumber lain yang bermanfaat merupakan upaya-upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan dan keterampilan seseorang dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan orang tersebut termasuk dalam bertahan hidup di alam bebas.
  • Pengalaman dan latihan. Kedua hal ini merupakan pelajaran yang terbaik dan akan selalu teringat. Semua pengetahuan dan keterampilan jika tidak dipraktekan akan terasa sia-sia saja. Memperbanyak jam terbang di lapangan dan mempraktekan segala hal yang telah didapat merupakan cara efektif melatih kemampuan kita dalam bertahan hidup di alam bebas.
  • Alat-alat. Alat-alat dapat menunjang keberhasilan usaha bertahan hidup di alam bebas. Membawa alat yang tepat untuk suatu pekerjaan dapat meringankan pekerjaan tersebut, menghemat waktu dan tenaga. Survival Kit merupakan kumpulan alat yang dapat digunakan untuk bertahan hidup di alam bebas. Survival Kit terdiri dari pisau serba guna, alat memancing, korek api dalam kemasan kedap air, tali jerat, kompas, alat medis, radio komunikasi, bahkan kondom yang berguna untuk memuat sekitar satu liter air.

Judul: Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/komponen-pokok-bertahan-hidup-di-alam.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Komponen Pokok Bertahan Hidup Di Alam Bebas; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar