Tie-n7AJOiL4ZfLT4hDeg8fD9_w Cara Memprediksikan Cuaca
Selasa, 05 Februari 2013

Cara Memprediksikan Cuaca

Cara Memprediksikan Cuaca

Cara Memprediksikan Cuaca

Keadaan cuaca sangat berpengaruh pada perjalanan atau aktivitas alam bebas yang dilakukan. Tentu saja cuaca yang baik dan cerah adalah keadaan yang ideal bagi suatu aktivitas alam bebas, tetapi kadang cuaca buruk dapat tanpa diperkirakan sebelumnya. Sebetulnya, kondisi alam baik itu langit, awan, angin dan perilaku hewan dapat dijadikan acuan apakh hari itu akan cerah atau sebaliknya.

Burung

Cuaca cerah di suatu hari dapat diperkirakan dengan memperhatikan keadaan pagi harinya. Tanda yang paling mencolok adalah kicauan burung, terutama burung kecil yang bersuara riang akan selalu bernyanyi jika kondisi cuaca cerah. Jika cuaca buruk atau akan hujan, burung-burung kecil biasanya akan senyap di pagi hari, atau kalaupun ada, terdengar beberapa ekor saja. Biasanya, burung kapinis dan walet akan terbang rendah dan terlihat lebih banyak serta bergerombol jika cuaca dirasakan akan hujan.

Burung yang unik dan dapat menunjukan kondisi cuaca jika akan hujan adalah jenis burung sempur-hujan. Jenisnya bermacam-macam, ciri yang umum, yaitu mempunyai kepala yang besar, warna mencolok dan mempunyai paruh yang lebar. Burung ini memang agak pemalu dan sulit untuk dilihat, tetapi jika akan hujan biasanya burung ini akan turun dengan suara yang agak khas secara terus-menerus dan diulang-ulang.

Serangga

Serangga seperti semut, kupu-kupu, ulat, dan serangga terbang lainnya akan menyembunyikan diri jika hujan akan turun. Semut akan masuk ke dalam sarangnya atau berkumpul di tempat tertentu, begitu pula ulat dan kupu-kupu akan berlindung di bawah daun yang rimbun.

Langit

Perkiraan cuaca yang sudah umum dan mudah dilihat, yaitu dengan melihat awan yang berwarna kelam dan memperkirakan arah angin yang berhembus. Biasanya angin yang berhembus akan terasa dingin dan agak basah karena mengandung banyak uap air. Kadang kala, kondisi siang hari yang sangat terik dan gerah dapat digunakan sebagai pertanda bahwa pada sore atau malam harinya akan terjadi hujan.

Sungai

Jika berada di tempat yang agak rendah, perhatikan permukaan air sungai. Jika terjadi hujan di tempat lain yang lebih tinggi dari tempat itu maka permukaan air akan naik, biasanya air akan menjadi keruh dan terasa dngin. Persiapkan tempat berlindung yang baik, simpan semua barang di tempat perlindungan dan lindungi agar tidak terkena air hujan yang akan turun.

Judul: Cara Memprediksikan Cuaca
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel Cara Memprediksikan Cuaca. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://alamcintadiri.blogspot.com/2013/02/cara-memprediksikan-cuaca.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: Cara Memprediksikan Cuaca; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar